Pengaruh Alat Permainan Edukatif Smart Cupboard terhadap Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun
Main Article Content
Abstract
Alat permainan edukatif merupakan jenis alat permainan Pendidikan yang bertujuan untuk dapat mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini seperti aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral. Namun tidak semua sekolah memiliki APE yang sesuai dengan rasio anak, usia anak, serta perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari alat permainan edukatif smart cupboard terhadap aspek perkembangan anak usia dini, usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dimana penulis melakukan observasi dan percobaan APE smart cupboard kepada anak usia 5-6 tahun di tk abah binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi di tk abah binjai dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa alat permainan edukatif yang dirancang sesuai dengan rasio dan kebutuhan anak seperti dari segi usia anak, serta aspek perkembangan anak, memiliki peran yang sangat besar terhadap aspek perkembangan anak. 11 dari 15 siswa yang menjadi sempel menunjukkan hasil bahwasannya dengan mengimplementasikan alat permainan edukatif yang sesuai dengan kebutuhan anak akan berpengarh terhadap proses dan kesiapan belajar siswa sehingga dapat mendukung 6 aspek perkembangannya. Dengan mengimplementasikan ape yang sesuai dengan kebutuhan anak seperti APE smart cupboard yang dirancang sesuai rasio usia anak, peneliti mendapatkan hasil bahwa ape smart cupboard dapat mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini, usia 5 – 6 tahun di tk abah binjai.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Dewi, N. K. (2018). Pengaruh alat permainan edukatif barang bekas terhadap perkembangan kreativitas anak 5-6 tahun di Raudhatul athfal akhlakul karimah kotabumi lampung utara. 45–56.
Lena, H., Rukiyah, R., Syafdaningsih, S., Rantina, M., Utami, F., Karnita, A., Karnita, A., Munawaroh, A., & Munawaroh, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Pendekatan Saintifik bagi Guru PAUD di Kota Palembang. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 332. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.2480
Suryana, D. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Stimulasi Aspek Perkembangan, 1–94.
Tahir, M. Y., Rismayani, R., Sartika, I. D., & Hartika, A. S. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 39. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9225
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489