Implementasi Pembentukan Karakter Anak melalui Lagu “4 kata ajaib”

Main Article Content

Alfan Said
Uput Purwaningrum
Meydina Hikmah Tuzzahro
Sofa Muthohar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak melalui lagu “4 kata ajaib” di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Implementasi ini dilakukan guru karena untuk membentuk akhlak yang mulia pada anak dan menciptakan generasi muda yang berkualitas. Salah satu guru untuk membentuk karakter dapat dilakukan melalui lagu anak-anak. Karena dengan bernyanyi anak-anak lebih suka dan senang. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini untuk memberikan bekal kepada anak berupa karakter positif melalui pembiaasaan lagu 4 kata ajaib dari kata (maaf, terima kasih, tolong, dan permisi) dengan versi “KALAU KAU SUKA HATI”. Tujuannya untuk mempermudah guru dalam mendidik anak dalam membentuk karakter yang baik dan mempunyai akhlak yang mulia yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadikan bekal hidupnya ketika dewasa kelak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Implementasi Pembentukan Karakter Anak melalui Lagu “4 kata ajaib” (A. Said, U. . Purwaningrum, M. H. . Tuzzahro, & S. . Muthohar , Trans.). (2024). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 2(1), 6-9. https://doi.org/10.37985/spbrn750
Section
Articles

How to Cite

Implementasi Pembentukan Karakter Anak melalui Lagu “4 kata ajaib” (A. Said, U. . Purwaningrum, M. H. . Tuzzahro, & S. . Muthohar , Trans.). (2024). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 2(1), 6-9. https://doi.org/10.37985/spbrn750

References

agus wartini harefa, opini abdi putra hia, intan purnama ndruru. (2023). Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Ilimiah Mahasiswa, 3(55), 43–51.

Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 287–295. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.164

Aprily, N. M., Rosidah, A. K., & Hashipah, H. (2023). Maaf, Terima Kasih, Tolong Dan Permisi: Empat Kata Ajaib Dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 123–132. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8312

Azzahrah, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Pengaruh Pembiasaan Akhlak Mulia Anak Usia Dini terhadap Komunikasi dengan Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3215–3226. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4380

Commons, L. C. (2024). Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami di Raudhatul Athfal. 5(1), 300–313. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.510

Dianti, Y. (2017). Application of character values melalui metode bernyanyi untuk AUD. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 09, 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Fajarini, A., & Fauzi. (2023). Pembentukan Karakter Anak Didik RA (Raudhatul Athfal) Melalui Pembiasaan “Kata Ajaib.” Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 459–468. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.3112

Mutiara Nst, C., Utama Ritonga, F., & Sosial, K. (2023). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora Penerapan Empat Kata Ajaib Sebagai Bentuk Peningkatan Moral Siswa di UPT SDN 060921 Medan Sunggal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 2(3), 314–321. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v2i3.2064

Qadafi, M. (2024). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Di Paud Nurul Falah Penyambungan Barat. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 2122–2127.

Rahayu, C., & Fanreza, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Akhlak dengan Pencuplikan Video Animasi. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 122–133. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.492

Rosya Alvina Zaida, K. M. (2024). Buku cerita bergambar tiga kata ajaib untuk pendidikan karakter berkata santun anak usia dini. Jurnal Program Studi PGRA, 10, 1–10.

Siti Halimah. (2019). Upaya Guru Dalam Pembentukan Akhlak Anak Di Raudlotul Athfal Baipas Roudlotul Jannah Kota Malang. Jurnal Dewantara, 1(1), 1–6.

Suciadi, A., & Pinasthika, L. T. (2024). Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Edukasi 3 Kata Ajaib: Maaf, Terima Kasih, dan Tolong untuk Siswa TK Negeri di Jabodetabek. IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies, 3(1), 44. https://doi.org/10.37312/imatype.v3i1.8079

Tinggi, S., Tarbiyah, I., Burhanuddin, S., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Burhanuddin, S. (2019). Lidia Nusir 1 , Syahminal 2. Implementasi Nilai Karakter Melalui Lagu Anak-Anak, 1–11.

Yulianto, Y., & Huda, M. N. (2023). Internalisasi Nilai Karakter Religius Pesantren Di Ra Al-Iman Bulus. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3). http://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/25147