Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Lulusan Non PGPAUD dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran

Main Article Content

Gita Novika Putri
Prima Suci Rohmadheny
Riana Mashar
Dwi Hastuti

Abstract

Salah satu unit PAUD yang masih banyak gurunya belum memenuhi kualifikasi akademik adalah PAUD. Selain itu, guru yang pernah atau belum mengikuti pelatihan berjenjang mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian pembelajaran terutama pada tahap pencatatan. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru lulusan non-PGPAUD dalam melaksanakan penilaian pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru lulusan non PGPAUD yang mengajar di PAUD Fullday Terpadu Aisyiyah Kasihan Bantul yang berjumlah 4 orang guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan keabsahan data menggunakan member check melalui FGD (Focus Group Discussion). Teknik analisis data yang digunakan adalah model Spradley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAUD Terpadu Fullday Aisyiyah Kasihan Bantul telah memenuhi 6 dari 7 indikator kompetensi dalam melaksanakan penilaian pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian yaitu mengikuti pelatihan berjenjang dan dorongan dari kepala sekolah. Namun guru masih kesulitan dalam mencatat data penilaian berupa catatan anekdot, pekerjaan, dan daftar periksa. Oleh karena itu, kepala PAUD Terpadu Fullday Aisyiyah Kasihan Bantul perlu mendorong para guru untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi akademiknya dengan menempuh pendidikan S1 PGPAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Lulusan Non PGPAUD dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran (G. N. Putri, P. S. Rohmadheny, R. Mashar, & D. Hastuti , Trans.). (2023). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 6-12. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.2
Section
Articles

How to Cite

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Lulusan Non PGPAUD dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran (G. N. Putri, P. S. Rohmadheny, R. Mashar, & D. Hastuti , Trans.). (2023). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 6-12. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.2

References

Ananda, R. (2018). Kependidikan, Profesi Pendidikan dan Tenaga (ke-1; Amiruddin, ed.). Medan: LPPPI.

Andriana, J., Sumarsih, & Refi, D. (2018). Kinerja Guru PAUD Ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 18–23.

Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional (ke-I). Yogyakarta: Gava Media.

Guwa, U., Ngura, E. T., & Dhiu, K. D. (2021). Analisis Teknik Penilaian Pembelajaran pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Satap St. Theresia Wolomeli Kecamatan Bajawa Utara. Citra Pendidikan, 1, 470–478.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (ke-1; H. Sazali, ed.). Medan: Wal Ashri Publishing.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., … Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Ke-1; H. Abadi, ed.). Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Hewi, L., & Indari, I. (2021). Asesmen Virtual Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(01), 196–204. Diambil dari http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3545

Kebudayaan, K. P. dan. (2016). Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru (ke-2). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (Ke-1; F. Annisya & Sukarno, ed.). Semarang: LPSP.

Majdid, A. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui : Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja (ke-1; M. Huda, ed.). Yogyakarta: Samudra Biru.

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD (ke-2; P. Latifah, ed.). Bandung.

Nakita, I. T., Sari, D. Y., & Rahma, F. (2022). Pemahaman Guru dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. PAUD, 5(2), 25–37.

Nuraeni, L., Riyanto, A. (2017). Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, Vol.5(Issue.2), 21–33.

Nurfuadi. (2019). Manajemen Kompetensi Guru dalam Peningkatan Muti Pembelajaran (ke-1; R. Hadi & A. P. Wartam, ed.). Purwokerto: STAIN Press.

Nurlaili. (2019). Implementasi Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Khairin Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 07(01), 93–110.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. (2014). Jakarta.

Rohmadheny, P. S., Nuraini, F., & Setianingrum, I. (2019). What are the Problems of Indonesian ECE Teachers in the Implementation of Learning Evaluation? Proceedings ICECD, (July), 24–28. Malaysia: MNNF Publisher.

Royani, I., Fitria, H., & Rohana. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala PAUD dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 36–45. Diambil dari http://ejournal.karinosseff.org/index.php/jitim/article/view/28/24

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif (ke-1; H. Upu, ed.). Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan (ke-I). Jakarta: Prenadamedia Group.

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Sari, Y. E., Kurniah, N., & Sumarsih. (2016). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD Sekecamatan Muara Bangkahulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 107–112.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (ke-7; B. Sarwiji, ed.). Jakarta: PT. Indeks.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suminah, E., Siantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U., & Nugraha, A. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (E. Yulaelawati & K. Restuningsih, ed.). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Suprihatiningrum, J. (2014). Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru (II; R. K. Ratri, ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi (ke-I). Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional : Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global (R. Fauzana & R. P. Hilabi, ed.). Jakarta: Erlangga.

Wiranti, R. (2021). Pengaruh pengalaman mengajar dan motivasi mengajar terhadap profesionalisme guru taman kanak-kanak se-kecamatan Way Jepara. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.297

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak Kanak (ke-1). Jakarta: Kencana.

Yuslam, Y., Setiani, R. E., & Sari, A. K. (2017). Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifikasi Akademik Sarjana PG-PAUD Dan NonPG-PAUD di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-04