Peningkatan Kreativitas Anak melalui Media Plastisin Tepung pada Anak Usia Dini

Main Article Content

Joni Joni
Mohammad Fauziddin
Minarni Minarni

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kreativitas anak di kelompok A TK An-Nur Hangtuah dan ini mempengaruhi proses pembelajaran secara keseluruhan oleh karenanya penelitia mengajukan suatu alternatif pemecahan masalah berupa pembelajaran berbantuan media plastisin tepung. Metode penelitian yang diterapkan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yakni tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan observasi dan tahapan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi, adapun teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian diketahui adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan media plastisin tepung pada kelompok A TK An Nur Hangtuah Perhentian Raja Kampar Tahun Ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Peningkatan Kreativitas Anak melalui Media Plastisin Tepung pada Anak Usia Dini (J. Joni, M. Fauziddin, & M. Minarni , Trans.). (2023). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 13-17. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.3
Section
Articles

How to Cite

Peningkatan Kreativitas Anak melalui Media Plastisin Tepung pada Anak Usia Dini (J. Joni, M. Fauziddin, & M. Minarni , Trans.). (2023). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 13-17. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.3

References

Amiroh Amiroh, A., & Pamungkas, J. (2023). Proses Kreativitas Bentuk Huruf dan Angka Dalam Pembelajaran Seni Lukis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5687-5697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5242

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta

Azizah, F., & Wardhani, J. (2022). Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6245-6257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3325

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B., Aprilia, S., & Nurhikmah, N. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600-4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615

Montolalu. ( 2009). Bermain dan permainan anak. Universitas Terbuka.

Nurjanah, S., & Muthmainah, M. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3519-3536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434

Pangastuti, R., & Qumillaila, Q. (2017). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kreativitas Menggambar Anak di Taman Kanak-Kanak Bani Toifur Kabupaten Nganjuk. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 169–184. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-05

Sholehah, A., & Munastiwi, E. (2022). Manajemen Pembelajaran Work From Home (WFH) dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4529-4537. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1597

Sudijono. A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press

Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran Sentra BAC (Bahan Alam Cair) untuk Mengembangkan Kreativitas Anak; Studi Kasus RA Ar-Rasyid. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161–176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04

Winnuly, W., & Pamungkas, J. (2022). Analisis Penggunaan Bahan Sisa pada Pembelajaran Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4631-4639. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2637

Yusuf, L. N. (2001). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. PT. Remaja Rosda Karya.

Zaman, B. (2009). Media dan Sumber Belajar. Universitas Terbuka.