Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Memberikan Penguatan Kepada Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
Guru harus menguasai keterampilan mengajar agar proses pembelajaran menarik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu keterampilan mengajar tersebut yaitu keterampilan memberikan penguatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penguasaan guru dalam memberikan penguatan dikelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah guru 2 orang guru di Tk Asisi Medan. Hasil penelitian berdasarkan observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam memberikan penguatan yang dilakukan oleh guru sudah baik dalam penguatan verbal maupun non verbal. Hal ini terlihat dimana guru telah memberikan penguatan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak dan tidak berbelit- belit juga sering memberikan penguatan kepada anak dengan memberikan pujian atas apa yang telah dicapai anak.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Kamtini, Yus A, Nasriah, & Salim (2020). Analisis pengembangan profesionalisme guru PAUD berdasarkan prespektif mahasiswa, Jurnal Tematik, 10(3). https://doi.org/10.24114/jt.v10i3.24810
Listia. W. N., Sari, W. W., & Anjaswulan, D. P. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar Di Paud. Obelia
Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa pada Anak Usia Dini melalui Metode Drill. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441-451. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.506
Nasution, F. S., Anita, Y., Simaremare, A., & Setiawan, D. (2023). Analysis of learning models as anti bullying in kindergarten, Journal of Namibian Studies, 35, 341-351 https://doi.org/10.59670/jns.v35i.3079
Siahaan, Y., Sutapa, P., & Yus, A. (2020). Pengaruh Komunikasi Orangtua terhadap Perilaku Agresif verbal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1472-1486. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.890
Stronge, J. H., Ward, T. J., & Grant, L. W. (2011). What makes good teachers good
Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya
Yus Anita, dan Salim., (2021). Penggunaan observasi visual digital pada interaksi guru dan anak dalam kelas PAUD, Jurnal Tematik, 11(1), https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/24820
Zainal. A. (2013). Micro Teaching. Raja Grafindo Persada.