Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Memberikan Penguatan Kepada Anak Usia Dini

Main Article Content

Wan Nova Listia
Devina Lumban Tobing
Riska Humaiya Nasution
Yesika Tiaman Sihombing
Winna Anzelina

Abstract

Guru harus menguasai keterampilan mengajar agar proses pembelajaran menarik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu keterampilan mengajar tersebut yaitu keterampilan memberikan penguatan. Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  penguasaan  guru  dalam     memberikan penguatan dikelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi  dan dokumentasi. Adapun yang  menjadi subjek dari penelitian ini adalah guru   2 orang guru di Tk Asisi Medan. Hasil penelitian berdasarkan observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam memberikan penguatan yang dilakukan oleh guru sudah baik dalam penguatan verbal maupun non verbal. Hal ini terlihat dimana guru telah memberikan penguatan dengan  menggunakan  bahasa  yang  mudah  dipahami anak dan tidak berbelit- belit juga sering memberikan penguatan kepada anak dengan memberikan pujian atas apa yang telah dicapai anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Memberikan Penguatan Kepada Anak Usia Dini (W. N. Listia, D. L. Tobing, R. H. Nasution, Y. T. Sihombing, & W. Anzelina , Trans.). (2023). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 18-22. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.4
Section
Articles

How to Cite

Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Memberikan Penguatan Kepada Anak Usia Dini (W. N. Listia, D. L. Tobing, R. H. Nasution, Y. T. Sihombing, & W. Anzelina , Trans.). (2023). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 18-22. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.4

References

Kamtini, Yus A, Nasriah, & Salim (2020). Analisis pengembangan profesionalisme guru PAUD berdasarkan prespektif mahasiswa, Jurnal Tematik, 10(3). https://doi.org/10.24114/jt.v10i3.24810

Listia. W. N., Sari, W. W., & Anjaswulan, D. P. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar Di Paud. Obelia

Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa pada Anak Usia Dini melalui Metode Drill. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441-451. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.506

Nasution, F. S., Anita, Y., Simaremare, A., & Setiawan, D. (2023). Analysis of learning models as anti bullying in kindergarten, Journal of Namibian Studies, 35, 341-351 https://doi.org/10.59670/jns.v35i.3079

Siahaan, Y., Sutapa, P., & Yus, A. (2020). Pengaruh Komunikasi Orangtua terhadap Perilaku Agresif verbal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1472-1486. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.890

Stronge, J. H., Ward, T. J., & Grant, L. W. (2011). What makes good teachers good

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya

Yus Anita, dan Salim., (2021). Penggunaan observasi visual digital pada interaksi guru dan anak dalam kelas PAUD, Jurnal Tematik, 11(1), https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/24820

Zainal. A. (2013). Micro Teaching. Raja Grafindo Persada.