Peran Media Berbasis ICT (Information and Communication Technology) pada Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Main Article Content

Melisa Nabima Angraini
Dia Fitri Yani
Windi Dwi Andika
Taruni Suningsih

Abstract

Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi berdampak sangat besar bagi beberapa bidang salah satunya bidang pendidikan dimana penggunaan media berbasis ICT dapat menjadi sarana dalam menstimulasi kemampuan bahasa inggris anak usia dini. Bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa internasional yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari setiap orang di seluruh dunia sehingga hal tersebut perlu diajarkan sedini mungkin karena pada umumnya, anak-anak usia dini masih belum mampu berbicara dengan lancar sehingga mereka mengalami kesulitan dalam mengucapkan bahasa Inggris secara alami dan memerlukan bantuan baik dari lingkungan sekitar maupun kemajuan teknologi yang ada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan media berbasis ICT pada kemampuan bahasa Inggris anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literature review, yaitu sebuah pencarian literatur baik internasional maupun nasional dengan menggunakan web Google Schoolar. Sehingga dapat menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan media ICT dalam pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini bisa dilakukan dan memberikan dampak positif yang menguntungkan bagi guru maupun anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Peran Media Berbasis ICT (Information and Communication Technology) pada Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini (M. N. Angraini, D. F. Yani, W. D. Andika, & T. Suningsih , Trans.). (2023). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 23-30. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.5
Section
Articles

How to Cite

Peran Media Berbasis ICT (Information and Communication Technology) pada Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini (M. N. Angraini, D. F. Yani, W. D. Andika, & T. Suningsih , Trans.). (2023). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 23-30. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.5

References

Abdillah, R., Kuncoro, A., Erlangga, F., & Ramdhan, V. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! dan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(01), 92–102. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i01.1363

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78.

Amada, N. Z., & Hakim, A. (2022). Analisis Penggunaan Youtube sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 8–14. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.612

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Astrid Adisty, Rita Kurnia, D. C. (2021). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7733

Bella, M. O., Prambayun, A., & Maharani, P. (2022). Multimedia Interaktif Pengenalan Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Mdp Student Conference (Msc), 614–621.

Dwiyanti, E., & Purnamaningsih, I. R. (2021). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Digital Picture Books untuk Pembelajaran Jarak Jauh. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 9(November), 225–236. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Eem Kurniasih. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 90.

Girsang, M. L., & Shalihat, H. M. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran. Jurnal Abdimas Mutiara, 3, 307–315.

Hasanah, N., Rusdi, M., & Ayu Wulandari, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs 6 Untuk Meningkatkan Komunikasi Dasar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 914–921. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.717

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205

Irawan, Y., Wahyuni, R., & Herianto, H. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Menggunakan Macromedia Flash 8 di TK Kartika 1.50 Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. I N F O R M a T I K A, 11(2), 1. https://doi.org/10.36723/juri.v11i2.170

Jumiatin, D., & Lestari, R. H. (2021). Native Speaker : Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 7(1), 1–6.

Maronta, Y., Sutarto, J., & Isdaryanti, B. (2023). Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1142–1161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4152

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1–136.

Mazdalifah, & Moulita. (2021). Model Pengawasan Orang Tua Terhadap. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1).

Monica, S. Z., Muryanti, E., Pendidikan, G., Usia, A., & Padang, U. N. (2023). Efektivitas Media Power Point Interaktif dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Pariaman. 7(2012), 4657–4664.

Mufida, A. (2021). Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia 6-10 Tahun. Barik, 8(2), 132–146.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga sebagai strategi pendidikan anak usia dini saat pandemi covid-19 child education in the family as an early childhood education strategy during the covid-19 pandemic. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41–51. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index%0APENDIDIKAN

Purandina, I. P. Y. (2021). Implementasi Media Digital Untuk Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 66. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2086

Putri, N. S., & Muryanti, E. (2020). Video Game Series Dalam pengucapan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3026–3037. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/805

Rangkuti, H., & Sit, M. (2023). Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Islam Al Khairiyah Delitua. 7, 3757–3762.

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606

Veza, O., & Nurlinda. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Anggota Tubuh Manusia Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Arab Berbasis Web Dan Multimedia Interaktif (Studi Kasus Taman Kanak-Kanak Al-Mi’raj Batam). JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika, 5(01), 1–11. https://doi.org/10.36352/jr.v5i01.186