Penerapan Media Maze Untuk Mengenalkan Konsep Bilangan di TK Negeri Pembina Julok Kabupaten Aceh Timur
DOI:
10.37985/gifted.v2i1.14Keywords:
Media Maze , Konsep bilangan , anak usia diniAbstract
Berdasarkan hasil observasi di TK Negeri Pembina Julok Kabupaten Aceh Timur, beberapa anak masih kesulitan dalam menyebutkan bilangan 1-10 dan membedakan angkanya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak dengan menggunakan media maze. Metode yang digunakan adalah Pre Eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 21 anak dari kelas A dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media maze dapat digunakan untuk mengenal bilangan pada anak. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata pre-test sebesar 8,71 dan post-test 16,95. Sedangkan Uji hipotesis menunjukkan thitung (13.139) > ttabel (20). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media maze efektif dapat digunakan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Julok Kabupaten Aceh Timur.
Downloads
References
Apriyani, S., & Putra, R. (2023). Strategi Guru dalam Mengenalkan Bilangan melalui Permainan Maze. Jurnal Edukasi Anak Usia Dini, 2(2), 112–118.
Fauziddin, M., & Elyana, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dengan Metode Bermain Media Benda Konkrit pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 85–96
Fitriani, R., & Hasanah, L. (2023). Efektivitas Media Visual dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 35–42.
Hartati, S. (2019). Media dan Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–9.
Isjoni, H., & Rahmawati, N. (2021). Pengaruh Media Interaktif terhadap Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 5(2), 120–129.
Khoirunnisa, I., Sianturi, R., & Lidinillah, D. A. M. (2022). Analisis Media Magnetic Number Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1748-1753.
Khoirunnisa, I., Sianturi, R., & Lidinillah, D. A. M. (2022). Analisis Media Magnetic Number untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1748–1753.
Kuswanto, A. V., & Suwadi, P. M. D. M. P. (2020). Permainan Maze Dalam Mengembangkan Perkembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Munandar, A. (2020). Penggunaan Permainan Maze dalam Meningkatkan Logika Matematika Anak. Jurnal Ilmiah PAUD, 4(3), 203–210.
Nugroho, Y., & Wulandari, S. (2022). Penggunaan Media Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kognitif Anak TK. Jurnal Golden Age, 6(2), 145–155.
Sariyanti, L., Rosita, W., & Nur, H. (2019). Pemanfaatan Media Pohon Angka Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 24-31.
Sariyanti, L., Rosita, W., & Nur, H. (2019). Pemanfaatan Media Pohon Angka untuk Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 24–31.
Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Pengenalan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1-11.
Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11.
Ulfah, Z., Razak, A., & Yanti, I. (2021). Efektivitas Permainan Maze Angka dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Borneo Journal of Primary Education, 1(2), 103–114.
Utami, D. M., & Prasetyo, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Anak Usia 4–5 Tahun. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 67–77.
Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452-461.
Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461.
Downloads
Check Article Index
License
Copyright (c) 2025 Zahratul Jannah, Muthmainnah Muthmainnah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.