Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dengan Labirin Digital yang Interaktif : Studi Kasus di TK Negeri 3 Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues

Authors

  • Nur Laisa Chairunnisa Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sultanah Nahrasiyah Lhokseumawe Lhokseumawe, Aceh, Indonesia
  • Rizka Amalia Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sultanah Nahrasiyah Lhokseumawe Lhokseumawe, Aceh, Indonesia
DOI: 10.37985/gifted.v2i3.27

Keywords:

Anak usia dini, kemampuan kognitif, labirin digital interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media labirin digital interaktif terhadap pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Negeri 3 Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek 10 anak kelompok B berusia 5–6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara selama empat kali pertemuan dalam satu minggu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan pedoman wawancara digunakan untuk menggali perkembangan aspek kognitif anak secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan pemecahan masalah, konsentrasi, penalaran logis, memori kerja, dan kreativitas anak setelah mengikuti pembelajaran dengan labirin digital. Anak-anak menjadi lebih mandiri, percaya diri, serta aktif berdiskusi dan bekerja sama dengan teman. Media labirin digital interaktif terbukti efektif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menantang, serta dapat diimplementasikan di lingkungan PAUD, khususnya di daerah rural. Temuan ini diharapkan menjadi referensi inovasi pembelajaran berbasis teknologi di pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Ramadani, A. F., & Wulandari, A. E. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. 3, 388–401.

Anak, P., & Dini, U. (2023). RENDAHNYA PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Lukman 1. 4(2), 87–96.

Asti, A. S. W. (2024). Transformasi Pembelajaran Anak Usia Dini : Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. 07(01), 7514–7526.

Asutik, M. A., & Rizal, A. F. (2024). Inovasi Pembelajaran di PAUD untuk Mendukung Perkembangan Bahasa dan Literasi Anak. 1(April), 19–24.

Diamond, A. (2012). Executive Functions. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-113011-143750

Gde, S., Bhaskara, A., Buana, P. W., & Purnawan, I. K. A. (2017). Permainan Edukasi Labirin Virtual Reality Dengan Metode Collision Detection Dan Stereoscopic. 8(2), 65–76.

Grave, A. De, Tinggi, S., Ekonomi, I., Saputra, D. N., Susanto, E. E., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Mahardhani, A. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue May). https://doi.org/10.31237/osf.io/jhxuw

Kemala, R., Tinggi, S., & Islam, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di PAUD. 1(1), 8–13.

Loka, N. (2024). Balancing Challenges and Opportunities : Enhancing Early Childhood Cognitive Skills Through Digital Tools. 5(2), 105–118.

Lourenço, O. (2012). New Ideas in Psychology Piaget and Vygotsky : Many resemblances , and a crucial difference. 30, 281–295. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2011.12.006

Malang, U. I., Islam, P., Anak, P., & Dini, U. (2022). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di RA Ar Rohman Kota Batu. 37–44.

Pedukun, N. O. I. I. (2025). PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VI SDN. 1(2), 173–185.

Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2022). Steam-PBL : Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. 6(2), 856–867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270

Rahmawati, A., Setoresmi, A. S., Malau, B., Ayu, D., Ratna, F., & Munawaroh, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Games Interaktif dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak. 11, 49–61.

S, A. R. N., Naba, A. H., & Ruswiyani, E. (2024). Implementasi Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Eksperimen Lilin Uap Di Raudhatul Athfal. 2, 321–328.

Studi, P., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2020). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BALOK Aisyah. 02, 37–41.

Sutama, I. W., & Astuti, W. (2024). Improving 21 st Century Competencies : Implementation of Problem- and Project-Based Digital Maze Games in Early Childhood. 12, 177–185.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dengan Labirin Digital yang Interaktif : Studi Kasus di TK Negeri 3 Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues (N. L. . Chairunnisa & R. . Amalia, Trans.). (2025). Gifted: Journal of Early Childhood Education, 2(3), 83-92. https://doi.org/10.37985/gifted.v2i3.27